REKAPITULASI SURAT SUARA PEMILU 2024

Operator Pelayanan 22 Februari 2024 11:56:59 WIB

Wunung - Setelah pemungutan suara Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 selesai, tahap berikutnya adalah melakukan penghitungan atau rekapitulasi suara. Rekapitulasi suara merupakan proses penghitungan dan penjumlahan suara yang diperoleh oleh setiap calon atau partai politik dalam sebuah pemilihan umum.

Proses penghitungan atau rekapitulasi suara pada berbagai tingkat dimulai dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan mencapai tingkat nasional. Penghitungan di TPS dilakukan secara manual oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) setelah proses pencoblosan selesai.

Setelah selesai menghitung surat suara pilpres, KPPS mencatat hasil perolehan suara pada formulir C1. Kotak suara dan dokumen administratif lainnya kemudian diserahkan oleh setiap KPPS kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat Kalurahan selanjutnya diserahkan  ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk melanjutkan rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Proses rekapitulasi berlanjut di tingkat kabupaten/kota, dilanjutkan dengan rekapitulasi di tingkat provinsi oleh KPU provinsi. Tahap terakhir adalah rekapitulasi di tingkat nasional yang dilakukan oleh KPU RI.

Di Kalurahan Wunung setelah pelaksanaan pencoblosan/ Pemilu  Rabu 14/2/2024 yang dimulai pukul 07.00. WIB – 13.00 WIB, pada dini hari jam 01.00 WIB Rabu 15/2/2024  kotak suara Pemilu mulai masuk Ke PPS Wunung dan terakhir pukul 05.00  WIB dari KPPS Wunung. Setelah  dilakukan dengan berita acara serah terima antara KPPS dan PPS kotak langsung dikirim ke PPK dengan pengawalan ketat dari unsur TNI, Polri dan Linmas.

Pada Minggu 18/2/2024  bertempat di Pendopo Kapanewon Wonosari, PPS Wunung mulai melaksanakan rekapitulasi hasil Pemilu yang dihadiri oleh PPK, PPS, KPPS, Panwascam, saksi,dan Forkompimkap (Panewu, Kapolsek, Danramil).

Panewu Wonosari (Muh. Setyawan Indriyanto, SH, M.Si) dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada penyelenggara Pemilu , PPK, PPS, KPPS dan Panwas yang selama ini telah bekerja dengan luar biasa mengeluarkan segala kemampuan tidak kenal lelah siang malam melaksanakan tahapan Pemilu dengan integritas tinggi, sehingga beberapa tahapan Pemilu sebelumnnya dapat dilaksankan dengan lancar dan aman. Terima kasih juga kepada TNI / POLRI yang selalu bersinergi dengan Kapanewon untuk menyukseskan Pemilu 2024 dengan bersama-sama melaksanakan monitoring dan pengawalan. “Kami berharap kepada penyelenggara Pemilu juga tetap menjaga kondisi kesehatan dengan menjaga makanan bergisi dan melakukan istirahat klo memang kondisi badan letih.” Pesannya.

Ketua PPK Kapanewon Wonosari (Supriyanto) memimpin langsung palaksanaan rekapitulasi tingkat kapanewon. Mulai hari pertama rekapitulasi berjalan lancar dan sesuai waktu yang ditetapkan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar