PEMBEKALAN CALON PAMONG KALURAHAN WUNUNG

Operator Pelayanan 16 Juni 2023 15:24:21 WIB

Wunung(16-6-2023). Salah satu kegiatan penyelenggaraan pemerintahan di Kalurahan Wunung tahun 2023 adalah pengisian pamong kalurahan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengisi kekosongan jabatan Kamituwa yang telah memasuki masa pensiun pada tanggal 10 Juli 2023. Proses ini di mulai dari pembentukan panitia, penyusunan tata tertib, sosialisasi, pendaftaran, verifikasi keabsahan berkas administrasi, dan penetapan bakal calon peserta penyaringan/ujian.

Kegiatan pembekalan dimulai dengan laporan dari Ketua Panitia Pengisian Pamong Kalurahan, Sumaryadi tentang proses atau tahapan pelaksanaan pengisian pamong kalurahan. Semua pihak diharapkan berperan serta dan minta dukungan agar pelaksanaan pengisian pamong kalurahan dapat berjalan lancar, sukses, dan tanpa adanya permasalahan.

Penewu Wonosari Agung Danarta pada sambutannya, mengatakan bahwa penyaringan pamong kalurahan adalah sebuah kompetisi, dimana ada yang kalah dan menang. Calon peserta ujian harus siap kalah dan menang. Untuk peserta yang menang agar tidak sombong dan yang kalah untuk legowo atau menerima hasil ujian ini. Kegiatan ini diharapkan bisa menambah pengalaman apabila ada lowongan pamong kalurahan yang lain baik di Kalurahan Semin maupun di kalurahan yang lain. Selain itu disampaikan pula bahwa proses penyelenggaraan pengisian pamong diharapkan normative sesuai dengan peraturan perundang-unddangan yang berlaku.

Kepala Jawatan Praja Kapanewon Wonosari, Supriyadi menambahkan tentang kisi-kisi materi ujian. Materi nya harus berdasar pada Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 27 Tahun 2023 tentang peraturan pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul Nomor 11 Tahun 2021 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pamong Kalurahan dan Staf. Materi ini terdiri dari 4 (enam) point yaitu Pemerintahan, Pembangunan, Pemberdayaan masyarakat, Pembinaan kemasyarakatan, Keistimewaan DIY dan Pengetahuan tehnis Pemerintahan Kalurahan. 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar