Sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan di Kelurahan Wunung

Operator Pelayanan 11 Mei 2023 17:46:39 WIB

Wunung(11-5-2023)-Dalam upaya mencegah terjadinya pernikahan di bawah umur atau pernikahan dini, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk DIY (DP3AP2) bekerja sama dengan DPRD DIY menyelenggarakan Sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan di Kelurahan Wunung pada hari Kamis, 11 Juli 2023 pukul 12.30-selesai.

Bapak Budi Sartono, SKM, MPH sebagai narasumber dalam sosialisasi ini memaparkan bahwa pendewasaan usia perkawinan ini sangat penting dilakukan karena dengan adanya batasan usia menikah yaitu pria dan wanita pada usia 19 tahun sesuai yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 sebagai perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan, usia tersebut dianggap sudah siap menghadapi kehidupan keluarga dari sisi kesehatan dan perkembangan emosional. Sebelumnya juga ada sambutan dari DPRD DIY dari Ketua Fraksi Golkar Hj. RANY WIDAYATI SE.MM juga memberikan materi pembukaan tentang pendewasaan usia perkawinan ini.

Dalam kesempatan ini juga diberikan materi inti dari Narasumber UGM yang disampaikan oleh dr. Raden Artheswara Sidajati Sp. OG tentang pengertian dan kesadaran kepada masyarakat agar didalam merencanakan keluarga, mereka dapat mempertimbangkan berbagai aspek berkaitan dengan kehidupan berkeluarga, kesiapan fisik, mental, emosional, pendidikan, sosial, ekonomi serta menentukan jumlah dan jarak kelahiran.

Sosialisasi dihadiri oleh perwakilan anggota PKK, RT/RW, Karang Taruna dan tokoh masyakarat Kelurahan Wunung. Dengan pendewasaan usia perkawinan ini diharapkan masyarakat dapat menunda perkawinan sampai batas usia minimal untuk siap berkeluarga, mengusahakan agar kehamilan pertama terjadi pada usia yang cukup dewasa.

Sebelum acara ditutup dilaksanakan tanya jawab dengan peserta rapat yang masih penasaran tentang penyampaian materi tersebut sampai berakhir dan ditutup jam 15.30 WIB.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar